KIMBAP (김밥)

Kimbap (seaweed rice roll) atau ‘Korean Sushi’ merupakan makanan yang berasal dari negeri gingseng Korea. Makanan yang terbuat dari nasi berisi berbagai sayur dan lauk yang digulung dengan rumput laut/nori ini bisa dibuat di rumah ataupun di kosan loh!

kimbap_20151128_170630

Alat dan bahan kimbap

Alat dan bahan sangat mudah didapat, jadi yang ingin praktek membuat makanan khas Korea ini gak perlu khawatir. Berikut alat dan bahannya:

1. Penggulung yang terbuat dari kayu. Dulu aku beli di Hypermart. Mungkin bisa dicari di tempat penjual alat kebutuhan rumah tangga atau dapur sekitar daerah masing-masing.

2. Nasi. Jenis nasi yang bisa dipakai berupa nasi jepang atau nasi susu yang lebih pulen dari nasi biasa karena memang khusus untuk bahan sushi atau kimbap. Tapi, berhubung cari yang hemat dan mudah didapat bisa pakai beras putih dicampur beras ketan putih rasio 2:1 (resep ibunya temenku).

3. Rumput laut/kim/nori/seaweed. Aku beli di supermarket terdekat. [Untuk temen-temen muslim bisa dicek dulu label halalnya ya :D].

4. Isi kimbap bebas sesuai selera! Disini aku  pakai sosis, bayam, telur, wortel, danmuji (pickled radish/acar lobak).

5. Bumbu berupa garam, minyak wijen, biji wijen, saos, kecap asin (soy sauce).

Cara memasak:

1. Masak nasi,  setelah matang campur dengan garam, minyak wijen, dan biji wijen secukupnya. Aduk hingga rata.

2. Wortel dipotong memanjang/tipis-tipis. Rebus wortel dan bayam. Tiriskan.

3. Goreng sosis yang telah dipotong memanjang dan goreng telur seperti telur dadar dan iris tipis memanjang.

4. Untuk danmuji, ini opsional. Cara membuatnya Insya Allah akan aku share suatu saat nanti. Kalau kalian penasaran bisa cari di Youtube (banyak kok yang ngeshare cara pembuatan danmuji :D).

5. Setelah semua bahan siap. Letakkan nori diatas penggulung kayu seperti gambar diatas. Kemudian ratakan nasi diatasnya (3/4 bagian dari nori). Susun isi sesuai selera (bisa ditambahkan saos kalau yang suka pedas). Gulung perlahan (maaf gak ada fotonya).

6. Setelah jadi gulungan oleskan nori dengan minyak wijen dan taburi dengan biji wijen. Potong menjadi 9-10 bagian (@1cm).

7. Sajikan dengan saos dan soy sauce 😀 !!!

kimbap_20151128_170701

Kimbap siap santap

 

Kimbap ini bisa disantap di rumah maupun dibawa berpergian (bekal sekolah atau rekreasi)!!. Kimpab bisa disimpan dalam tempat makan atau dibungkus dengan aluminium foil.

Selamat mencoba~ 😀 :D:D

Bakso Solo Mas Trisno

Bakso ini bisa dibilang adalah bakso kebanggaan penduduk Harkit Tangerang. Bakso yang dulu hanya dijual lewat gerobak keliling sekarang sudah memiliki tempat permanen yaitu di Jalan Melati Blok B5 No. 8 Komplek Harapan Kita Tangerang Banten. Baksonya juara! Dari bakso polos, bakso urat, bakso telur, hingga bakso BOOM yaitu bakso gedeee!

Gak hanya bakso yang dijual, tapi ada mie ayam, es campur, dan aneka jus. Temen makan baksonya ada berbagai kerupuk dan yang paling enak menurutku kalau pakai kerupuk ikan Palembang. Tapi sayangnya aku gak punya banyak foto buat bakso ini. Maklum, foto yang aku share ini sudah sedikit lama.

Buat yang suka pedes, sambelnya bikin keringetan deh. Warung bakso ini selalu ramai pengunjung.  Tempatnya bersih, pelayanannya pun oke. Jadi, bagi pencinta bakso, kalau lagi di daerah Tangerang wajib mampir ke warung bakso ini ya!

bakso-trisno

…?

Assalamu’alaikum!!

Blog ini tercipta sebagai kumpulan tentang makanan atau memasak, karna hobiku makan dan masak :D. Sudah dari beberapa tahun lalu ingin rasanya berbagi lewat blog, tapi baru tahun ini terlaksana. Bukan makanan atau resep masakan mewah yang mungkin akan di sharing, namun hanya makanan sederhana tapi luar biasa jika kita menikmati dan mensyukurinya. Tidak hanya sharing juga, lebih tepatnya sebagai pengingat diri sendiri atau bisa disebut ‘pembukuan’ tentang berbagai makanan dan resep masakan yang pernah dicoba.

Semoga bermanfaat!